Sabtu, 23 April 2016

Sedikit Cerita tentang 'Harapan'

Hallo! Beberapa minggu yang lalu aku dapet tawaran dari kakakku buat maen bareng ke Pulau Harapan, Kepulauan Seribu. I said 'Yes', soalnya selama tinggal di Bekasi baru sekali aja liburan keluar kota. 'Harapan' yang ada dijudul maksudnya 'Pulau Harapan' yaaa guysss. Sayangnya aku cuma bisa kasih sedikit info ya tentang trip ini soalnya kemaren gak ada pikiran buat masukin ke blog jadi gak begitu merhatiin detail selama perjalanan, hehe..

Trip ini gak pake Tour Organizer, jadi awalnya ada 1 orang yang mau ngetrip terus ngajak temen, ngajak temen yang lain sampe akhirnya ke kumpul 17 orang. Setiap orang cukup bayar Rp 320.000,- aja dengan fasilitas : penginapan ber-AC, makan 3x, biaya kapal PP Muara Angke - Pulau Harapan, biaya kapal selama di Pulau Harapan, sewa alat snorkling, dan dokumentasi underwater. Paling murah dibanding tour organizer lainnya, wohoo! Sayangnya aku gak ada kamera underwater jadi gak punya foto-foto underwater yah!

AKOMODASI
Kami berangkat hari Sabtu pagi dengan meeting point di Dermaga Kaliadem, Muara Angke. Harga tiket kapal kalau gak salah lihat cuma Rp 5.500,- aja per orang untuk sekali jalan. Perjalanan dari Kaliadem - Pulau Harapan makan waktu 3 jam. Jadi buat yang gampang mabuk laut siapin obat buat tidur dan yang gampang bosen siapin headset buat dengerin lagu aja.

PENGINAPAN
Kami tinggal di rumah warga yang biasa disewain buat tamu yang kebetulan banget rumahnya cukup besar buat 17 orang. Isinya ada 4 kamar yang (setiap kamar ada 4 bed + AC!), 2 kamar mandi dan 2 ruang kumpul-kumpul. Sewa rumahnya udah termasuk dapet makan prasmanan loh! Kalau kata anak-anak yang udah biasa ngetrip, 'Selama gue ngetrip baru ini gue makannya disiapin sama yang punya rumah! Biasanya bikin kalau enggak beli sendiri cuy!". Haha, ashique deh..

FIRST DAY (SNORKLING - WATCHING SUNSET)
Kegiatan hari pertama kegiatannya full snorkling dari jam 12 sampe jam 5 sore (kebayang dooong panas dan gosongnya kulit). Ada 2 spot snorkling yang kami datengi tapi gak tau namanya haha. Buat newbie kaya aku mah cuma bisa kecek-kecek aja main air, kalau buat yang udah jago sih bakal free diving agak dalem soalnya emang bagus banget spotnya. Tapi sayang nih meskipun airnya bening banget, lautannya banyak sampah bertaburan.

Setelah puas snorkling 5 jam, dilanjut ke 1 pulau yang namanya Pulau Gosong. Uniknya pulau ini luasnya cuma sekitar 50 m2 aja tanpa bangunan dan tanpa pepohonan. Cuma ada 1 kios warung kopi di tengah-tengahnya buat wisatawan yang mau liat sunset sambil ngopi-ngopi dikit. Pulau Gosong ini emang tempat yang pas buat nonton sunset karena viewnya jelas banget. Sayangnya banyak banget sampah di pulau ini, jadi sambil nunggu sunset kami memutuskan buat mungutin sampah yang ada di sekitar Pulau Gosong.

SECOND DAY (VISITING PULAU BIRA - PULAU BULAT - GOING HOME)
Hari kedua acara cuma mampir-mampir ke pulau di sekitar Pulau Harapan. Kebetulan juga cuaca lagi mendung dan dari subuh udah ujan gede. Pulau pertama, Pulau Bira yang isinya beberapa penginapan yang gak kepake. Gak berpenghuni juga kecuali penjual-penjual makanan. Selanjutnya ke Pulau Bulat, isinya juga sama, kosong gak ada yang nempatin. Yang menang dari pulau-pulau itu cuma view ada spot buat foto-foto aja yang bagus, ehhehe..

Selama trip seneng banget soalnya ketemu orang-orang keren dan dapet tips baru. Meskipun badan mau patah karena lama gak renang terus langsung di josss buat renang seharian ahaha! Kalau mau trip yang lebih mewah kelasnya bisa cari Tour Organizer yang nyediain trip yang berangkatnya dari Dermaga Marina Ancol aja. Kualitas kapal dan penginapan lebih mewah yah sebanding sama harga yang jauh lebih mahal juga. Jangan lupa bawa sunblock, sendal jepit sama jas ujan buat jaga-jaga juga!

Thankyou for reading it! See you on another post!